Keutamaan Al qur'an dan penghafalnya


Keutamaan Al qur'an dan penghafalnya
Keutamaan Al qur’an dan penghafalnya- - - adakah seorang muslim yang tidak ingin menghafal Al Qur'an? secara jujur pastilah setiap muslim menginginkannya. jaminan kebahagian hidup di dunia dan akhirat terpampang jelas bagi mereka yang ikhlas dalam menghafalnya. berikut ini firman Allah subhanahu wata'ala dan sabda Rasul salallahu 'alaihi wasalam tentang keutamaan Al qur'an dan penghafal Al qur'an
Keutamaan Al qur’an dan penghafalnya
Ayat-ayat yang Al qur’an yang menunjukkan tentang keutamaan Al qur’an:
1. Firman Allah subhanahu wata’ala : “Alif laam miim. Kitab (Al qur’an) ini tidak ada keraguan padanya bagi mereka yang bertaqwa.” (Al baqoroh, 1-2)

2. Firman Allah ta’ala : “sesungguhnya Al qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lurus dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal sholeh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (Al Isro’, 9)

3. Firman Allah ta’ala : “ dan kami turunkan dari Al qur’an suatu yan g menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zhalim selain kerugian.” (Al Isro’, 82)

4. Dan juga firman-firman Allah yang lain seperti dalam surat Fathir ayat 29-32 dan surat Az zukhruf ayat 44.


Keutamaan Ahlul Qur’an dalam hadist Nabi

1. Utsman rodhiallahu ‘anhu menyebutkan bahwa Nabi sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
“sebaik-sebaik orang diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al qur’an dan mengajarkannya. (HR. Al bukhori)

2. Mu’adz bin Anas rodhiallahu ‘anhu menyebutkan bahwa Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “barangsiapa yang membaca Al Qur’an dan mengamalkannya maka akan dipakaikan kepada ke dua orang tuanya mahkota yang sinarnya lebih terang daripada sinar matahari di dunia pada hari kiamat nanti, kalaulah sekiranya ada bersama kalian, maka apa perkiraan kalian tentang orang yang mengamalkannya (Al Qur’an)?” (HR. Ahmad, Baihaqi,Abu Daud dan Hakim)

3. Abdullah bin Mas’ud rodhiallahu ‘anhu menuturkan bahwa Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al Qur’an), maka dia mendapatkan satu kebaikan yang semisalnya, dan satu kebaikan itu bernilai sepuluh kebaikan yang semisalnya, aku tidak mengatakan Alif laam miim itu satu huruf, akan tetapi Alif itu satu huruf, lam itu satu huruf, dan mim itu satu huruf.” (HR. At Tarmidzi dan Dia berkata : ini adalah hadits hasan shohih).

4. Dan hadits-hadits lain yang menerangkan tentang keutamaan penghafal AlQur’an.


Tidak kah Anda ingin jika Al qur’an yang agung ini menjadi syafaat bagi Anda di dalam kubur dan hari kiamat kelak?, kemudian ia menggandeng tangan Anda dan memasukkan Anda ke dalam surga?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar